Home » » Sekilas Anggapan tentang Keuangan Usaha Cafe

Sekilas Anggapan tentang Keuangan Usaha Cafe

Sekilas Anggapan tentang Keuangan Usaha Cafe. Dalam management keuangan, suatu usaha ada yang dikatakan laporan cash flow, laporan keuntungan rugi dan neraca. Juga termasuk dalam hal bisnis kafe. Arus Kas adalah neraca keuangan yang berarti laporan dana kas perusahaan yang siap. Atau bisa pula dimaksud pendataan bisnis keuangan yang memanfaatkan uang kontan.

Keuangan Bisnis Cafe

Laporan Neraca sebagai neraca keuangan yang memandang kesetimbangan asset usaha dengan kewajiban sebagai tanggungan. Dalam laporan accounting keuntungan rugi usaha cafe, ada sejumlah perihal sebagaimana berikut yang dikutip dari Kafe Kolong:

1. PENDAPATAN PENJUALAN

Hasil penerimaan ini dapat berawal dari pemasaran produk pokok dari usaha itu atau pemasaran dari produk sambilan dapat juga diberi nama pemasaran lain. Di dalam masalah tersebut usaha cafe, produk yang dijajakan yaitu makanan serta minuman.

Apabila terjadi pemasaran kepada minuman serta makanan karenanya ditempatkan dalam pemasaran produk pokok. Sedang yang masuk pemasaran sambilan atau lainnya misalkan seperti merchandise atau pemasaran meja serta bangku.

2. HARGA POKOK PENJUALAN

Harga Dasar Pemasaran (HPP) yakni cost yang penting dikeluarkan sebelumnya produk itu dipasarkan. Umpamanya pembelian minuman sachet, gula pasir, bahan baku, es cream, gelas paket plastic, dll.

3. BIAYA OPERASIONAL

Yang terhitung di sini ialah upah pekerja, administrasi usaha (nota penjualan), ongkos overhead (listrik serta air), cost penyusutan, cost dibayarkan diawal/ ongkos sewa bangunan, ongkos promo atau iklan,cost perawatan (bangunan, bangku,meja, serta interior) dan cost berlangganan (internet).

4. PERHITUNGAN BEP (BREAK EVENT POINT)

Umumnya orang mengucapkan jika BEP atau titik impas yakni perolehan titik 0 saat melakukan investasi. Maka dikehendaki selesai titik 0 itu bisa menggapai keuntungan serta dihitung menurut waktu bulan atau tahun.

Apabila kita pengin mempertimbangkan BEP karenanya analisis keuntungan rugi yang bisa memastikannya. Akan tetapi bila ingin mengalkulasi tingkat pengembalian atas investasi kita (Return of Investment), karenanya mesti melihat riset neraca usaha.

 

Sekilas Anggapan tentang Keuangan Usaha Cafe